Sunday, March 6, 2016

Resume Kuliah Whatsapp Santri Talents Mapping Salatiga

📅 Rabu, 3 Februari 2016
⏰ 18.30-19.30

🙎 Host : Septi Peni Wulandani
👳 Narasumber : Abah Rama Royani ( Founder dan Penemu Talents Mapping)

Prolog Materi
🍀TAHAP TAHAP MENGEMBANGKAN BAKAT🍀

oleh : Abah Rama ( founder dan penemu talents mapping)

Pertama tama yang perlu difahami dulu adalah tentang Istilah Bakat karena didunia ada berbagai definisi tentang bakat yang umumnya dibagi beberapa kelompok
1. Kelompok aktivitas : menyanyi, melukis, mengajar, memimpin dlsb
2. Kelompok sifat : teliti, keras kepala, perfeksionis, komunikatif dlsb
3. Kelompok pelakunya : komunikator, visioner,motivator dlsb
Dari ketiga kelompok diatas kelompok mana yang bisa “dikembangkan” ?
Tentunya kelompok aktivitas bukan?
Jadi inti dari pengembangan diri adalah melatih aktivitas yang produktif yang bisa dikembangkan dari Pribadi masing-masing.

Karena yang dicari adalah Enjoy Easy Excellent Earn Activities maka

1⃣Langkah pertama adalah menggali aktivitas produktif mana saja yang apabila dilakukan membuat kita senang (Enjoy), mudah melakukannya (Easy) dan semakin sering dilakukan hasilnya semakin baik.
Untuk itu Talents Mapping sudah menemukan 114 Aktivitas Produktif yang kalau dengan dengan konsep yang lebih sederhana ada (30+15) aktivitas.
Menggali dan menemukannya bisa diawali dengan melakukan ke 45 aktivitas produktif tersebut dan mengobservasi perasaan, kemudahan dan hasilnya.
Cara ini tentunya butuh waktu kecuali apabila sejak kecil sudah difasilitasi untuk mengalami semua aktivitas tersebut.
Cara lain untuk mereka yang berumur 16 tahun bisa  dengan asesmen Talents Mapping untuk menggali sifat sifat produktif seseorang setelah mana dapat diperkirakan Aktivitas mana saja dari 99 aktivitas produktif.
Pada langkah pertama ini diharapkan ada sekitar 20 persen Potensi Kekuatan berasal dari sifat yang paling Dominan dan mungkin juga ada potensi kekuatan yang berasal dari panca indera

2⃣Langkah kedua
Usahakan terjun kedalam semua aktivitas yang ditemukan diatas untuk menggali lebih dalam lagi mana yang benar benar merupakan potensi diri dengan merasakan Enjoy , Easy dan meminta masukan akan Excellentnya.

3⃣Langkah ketiga
Pilih peran yang kumpulan aktivitasnya kebanyakan merupakan kekuatan anda dan bukan tidak mungkin ada beberapa aktivitas yang bukan kekuatan yang terpaksa harus dilakukan .

Salah satu yang penting dalam proses penemuan diri ini adalah bahwa sampai titik ini anda baru pada tahap “klaster” jadi masih perlu diperdalam lagi
Misalnya saya punya potensi Teaching (Mengajar) ,setelah itu harus dipertanyakan lagi
• Mengajar apa ?
📚Saya misalnya tidak suka mengajar sejarah (bakat context rendah)
📚Saya tidak suka mengajar kimia (dari awal kuran suka)
📚Saya lebih suka mengajar yang terkait hal strategis ( ada bakat strategic)
• Mengajar siapa?
📚Saya tidak suka mengajar anak TK atau SD (bakat empathy saya rendah)
📚Saya lebih suka mengajar SMA keatas sampai persiapan pensiun
• Mengajar berapa orang?
📚Ada yang suka mengajar 30 orang dan stress kalau pesertanya lebih dari 100
📚Ada yang sebaliknya,semakin banyak peserta semakin bersemangat

Tanya Jawab :

1⃣bagaimana untuk mengetahui dan mengembangkan bakat dan minat untuk yg belum berusia 16 tahun? Ada metode khusus untuk mengetahuinya? Terutama u point 2 .Maksudnya u kelompok sifat dan pelaku (Trien, Temanggung)
👳 Abah :
Bu Trien dari Temanggung, untuk anak dibawah 16 tahun yang belum banyak aktivitas yang beragam sebaiknya diberi kesempatan untuk mengalami 114 kegiatan yang saya ringkas menjadi 45 kelompok kegiatan produktif yang beragam untuk kemudian diobservasi di kegiatan mana saja dia Enjoy-Easy dan Excellent
atau bisa juga perhatikan sifat nya mengacu kepada 34 tema bakat ✅

2⃣4 pertanyaan dari Bu Raudha Makassar:

1.Apakah hasil talents mapping yg kemain itu pure menggambarkan diri kita..,
👳Abah:
• Talents Mapping adalah semacam cermin yang bening dan datar, kalau seseorang bercermin sepenuh badan maka hasilnya menggambarkan keseluruhan dirinya
• Akan tetapi pengetahuan seseorang tentang dirinya sangat tergantung k
epada pengalamannya selama hidupnya akan tetapi secara umum anak anak SMA sekitar 50-60%kalau yag sudah bekerja 70-90%

2. Untuk poin 11 sampai 34 dari  bakat yg tergambar, bisakah kita upgrade sebagaimana kecenderungan yang kita rasakan...
👳Abah
• Bisa jadi dalam perjalanan pengalaman berikutnya mulai dikenali sifat sifat baru sehingga bisa ada pergeseran, bukan karena berubah akan tetapi karena Johari windownya yang membesar

3. Apa perbedaan antara stiffin dan talent mapping ini karena sepertinya resultnya juga bermuara ke pekerjaan yang cocok dengan orang yg dinilai...
👳Abah
• Setahu saya muaranya stiffin ke Multiple Intelligent yang lebih ke Learning Style walaupun banyak fihak yang menggunakan MI utk karir

4. Seberapa efektif talent mapping ini untuk usia balita....
👳Abah
• Semua asesmen itu batas terendahnya 16 tahun kecuali bagi anak anak yang penuh dengan aktivitas beragam, Abah pernah mengalami anak 10 tahun yang bisa mengisi dengan konsisten

3⃣ Noor, Salatiga
Abah, ada anak murid  saya SMK IT kelas 2, suka banget banyak bidang : lukis, design, komputer, pkn dan sejarah.ini hasil ST 30 nya, bidang apa yg sebaiknya dia dalami? krn ingin kuliah di IT ( Noor, Salatiga)

👳Abah:
• Kalaupun ybs suka lukis , design dan computer, ada baiknya ambil DKV tetapi lihat juga kemungkinan lainnya seperti pembuat website dlsb

4⃣Kalau 30+15 aktivitas dlm konsep sederhana itu apa saja? ( Noor, Salatiga)
👳Abah
• Di Strength Cluster ada 114 aktivitas yan terdiri dari 99 yang terkait sifat produktif dan 15 terkait keistimewaan pancaindera / fisik (dalam gambar ad adi samping kanan bagian bawah).
• Yang 99 dikelompokan menjadi 30 tipe ditambah 15 tadimenjadi 45. nanti bisa juga saya kirimkan daftar ke45 aktivitas tetsebut

5⃣ Assalamualaikum,
Saya risa, mau tanya abah.
Dari hasil tes talents maping kan diketahui personal branding kita ada 5. Urutan 1-5 itu apakah menentukan yang paling produktif bagi kita? Terimakasih abah ( Risa Ferina, Malang)
👳Abah
• Personal branding itu hanya untuk penyederhanaan saja sebaiknya lihat daftar 14 potensi kekuatan yang merupakan summary dari peta  strength cluster. bahkan kadang kadang kita harus kembali melihat bakat2 dominan, karena masih mungkin ada aktivitas yang belum ada di strength cluster.

6⃣ Abah, saya mau tanya, mengenai pengerucutan kluster bakat tadi, memang saya masih belum mengenali scr spesifik apa bakat saya atau kegiatan yg seperti apa yg membuat saya enjoy. Dr hasil asesmen TM menunjukkan bahwa saya tdk memiliki bakat teaching, tetapi saya memiliki minat teaching. Pertanyaannya:

1. apakah dgn kondisi bakat dan minat yg tdk sinkron mampu menghasilkan output yg optimal?
Dr hasil asesmen TM kmrn jg menunjukkan bahwa empati saya berada pada urutan 20an. Jujur saya memang lebih enjoy ketika mengajari kelompok kecil. Saya suka mengajari suatu bidang yg memerlukan analisis dan pengambilan keputusan.

👳🏻 Abah
• Bu Ina saya belum sempat lihat urutan bakatnya akan tetapi untuk muncul potensi mengajar dibutuhkan bakat Developer, Communication.

Empathy belum tentu diperlukan utk mengajar kecuali ngajar anak TK atau SD.

Bakat yang diperlukan untuk mengajar itu tadi Developer dan Communication tetapi mengajar Apa, Mengajar siapa juga akan menentukan Bakat apa lagi yang harus dimiliki.

Misalnya mengajar sejarah memerlukan bakat Context, mengajar Matematik dibutuhkan bakat Analytical, mengajar anak TK dan SD sebaiknya punya bakat Empathy karena gurunya harus bisa merasakan perasaan muridnya akan tetapi ngajar anak SMA cukup dengan Developer.

2. bagaimana sikap kita apabila terlambat mencoba berbagai aktivitas utk menemukan ini lho saya enjoy melakukan bidang ini.
Terimakasih. ( Ina, Salatiga)
👳🏻Abah:
• Tidak ada kata terlambat dalam mencoba karena saya juga baru menemukan diri diumur 59 tahun lho.

7⃣Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Menemukan bakat merupakan proses aktivitas panjang, lama&unik.
1. Selain memperbanyak aktivitas dan test bakat, apakah ada tips atau strategi untuk mempersingkat mengetahui bakat anak?
2. Abah mohon saran, bagaimana bila seorang PNS terlambat menemukan bakat yg kurang bersesuaian dg pekerjaannya? Sementara lembaga tidak memberikan ijin resign?
Hatur nuhun.
Jazakallah. ( Ida, Malang)

👳🏻 Abah:
• Bu Ida, Memang kunci adalah memfasilitasi anak melakukan beragam aktivitas ,saya belum tahu apakah ada jalan pintas utk menemukan bakat anak
• Buat PNS Yang penting pastikan dulu kekuatan dan kelemahan kita, kemudian mulai nyatakan kekuatan dan akui kelemahan kepada atasan supaya sesekali mendapat kesempatan berperan sesuai kekuatan. Dengan begitu diharapkan suatu saat diberikan peran yang paling sesuai dengan kekuatan kita masing masing.

8⃣Abah bisa minta penjelasan lagi tentang moral dan performance karakter?

Sepenangkapan saya kalau dua itu belum terbentuk, maka akan susah mengembangkan bakat?
👳🏻 Abah: Bicara tentang Pengembangan Diri Manusia yang didambakan semua orang sebenarnya adalah tentang Pengembangan Karakter.
Ternyata ada berbagai pengertian tentang karakter.
Untuk menjembatani perbedaan tersebut, karakter dalam hal definisikan sebagai
“Keistimewaan Unik” seseorang yang diperlukan untuk dapat memberi manfaat bagi orang lain dan atau lingkungan.

Ada Dua Kelompok dengan Tiga Pengertian Karakter.
• PERTAMA , KARAKTER KINERJA yang mencakup ketiga dimensi sifat manusia (CIPTA, RASA, KARSA)
o Sifat sifat seseorang untuk bisa mendapatkan hasil sebanyak-banyaknya dengan Enjoy
o Unik dan tidak berubah (Nature)
o Sasarannya Produktivitas
o Terbagi dalam dua bagian

Karakter kinerja yang berasal dari Rasa dan Cipta
• Misalnya :
o Rasa : Keras kepala, Harmoni, Empati, Guyub, Penyapa, Senang Memajukan Orang lain, Senang mendahulukan orang lain  dlsb
o Cipta : Analitis, Pembelajar, Visioner, Strategis
• Sifat ini merupakan sisi manusianya dari manusia
• Saat ini jarang dinamakan sebagai karakter.

Karakter Kinerja yang berasal dari Karsa
• Bernuasa semangat yang berasal dari dalam diri (intrinsic motivation )
• Walaupun sifat nya tidak berubah, perilakunya bisa berbeda sesuai dengan Lingkungan (melalui stick & carrot motivation)
• Ini merupakan sisi mesinnya dari manusia
• misalnya : kerja keras, pantang menyerah, senang melayani,waspada, teratur/terorganisir, perfeksionis, tanggung jawab, fokus dlsb
• SIFAT INILAH YANG SERING DISEBUT SEBAGAI KARAKTER
• KEDUA,  KARAKTER MORAL  : 
o Sifat sifat terkait dengan seberapa besar manfaat yang diberikan bagi orang lain dan atau lingkungan
o Sasarannya : bermanfaat bagi orang lain dan atau lingkungan
o Bisa berubah (Nurture)
o Misalnya : tanggung jawab, etis, jujur, perduli, beriman.

sampai saat ini hampir semua orang yakin bahwa untuk memotivasi orang cara nya dengan reward and punishment, ternyata cara ini hanya berlaku untuk sebagian aktivitas saja dan penelitian ini sdh puluhan tahun (silahkan lihat videonya Dank Pink di youtube)

9⃣ Abah, bisa dijelaskan mengenai stick & carrot motivation?
👳🏻 Abah:
bu Tri ternyata Reward and Punishment hanya berlaku pada aktivitas yang bisa digantikan oleh Mesin atau Komputer saja,dimana memang teori Behavior berlaku.

Pada aktivitas diluar itu Stick and Carrot tidak berdampak, itu sebabnya 16 tahun tahun belakangan ini muncul istilah Engagement

konsep memotivasi adalah dengan cara menyalurkan kekuatan.

🔟contoh kegiatan yg mencakup byk hal, misal jd panitia ato EO.ato bikin proyek kecil individu ato team kecil, gitu ya abah?
Bagaimana aplikasi pd anak2..dgn kesepakatan macam bagaimana?
👳🏻 Abah:
iya bu Shanty bagusnya bikin proyek

bu Shanty, aplikasi untuk anak anak rasanya Bunda Septi yang paling kompeten menjawabnya sebagai praktisi

💡Penutup:
Alhamdulillah banyak sekali ilmu yg sdh kita daoatkan hari ini. Setelah mengkaji, maka buatlah satu hal perubahan apa yg akan teman-teman lakukan berkaitan dg ilmu Abah malam ini. Sehingga kita bukan termasuk golongan Not Action Read Only ( NARO).😃

Terima kasih banyak untuk Abah, selamat melanjutkan tugas betikutnya. Sehat selalu ya Abah.

Saya Septi, undur diri dari diskusi malam ini

Wassalamu'alaykum wr.wb

Salam TM
🙋🏻
©Santri TM Salatiga

0 comments:

Post a Comment